Rabu, 15 Januari 2014

MPASI bubur beras

Sejak hamil, saya bertekad untuk memberi yang terbaik untuk anak. Salah satu caranya dengan MPASI homemade. Kebetulan ibu saya juga dulu menerapkan mpasi homemade, jadi saya banyak nanya ke ibu. Sambil browsing sana-sini juga sih hehe

Saya memilih untuk mengenalkan karbo di awal mpasi-nya Rindang. Awalnya agak ragu sih, tapi ngeliat grafik BBnya Rindang waktu itu yang nyaris stuck, jadi saya bertekad BBnya akan saya boost saat mpasi. Pertama banget sih saya coba pisang 3 hari, tapi ngeliat antusiasnya anak untuk makan, saya smakin pede untuk ngenalin dia karbo.

Nah, kebetulan waktu itu juga kami rencana ke palembang, daripada di sana heboh nyari buah ini itu, mending saya bikin tepung beras aja. Karena di palembang seminggu lebih, saya juga bikin tepungnya 3 macem, biar setiap 3 hari ganti menu karena pengenalan rasa, yaitu tepung beras merah, tepung beras putih, dan tepung kacang hijau. Bikin tepungnya gampang, dan pada saat anak mau makan pun ga perlu lama nyiapin ini itu. Karena saya ibu pekerja, ya bikin aja tepungnya agak banyakan pas weekend, toh awet kok disimpen di kulkas. Pas anak mau makan juga tinggal dimasak sebentar, terus siram ASIP deh..

Cara bikin tepung beras ala saya :
  1. Untuk beras merah, saya rendam semalaman. Tapi untuk kacang hijau dan beras putih direndam beberapa jam saja. Direndamnya sambil di tutup serbet ya
  2. Bilas beras/kacang hijau, kemudian jemur
  3. Setelah agak kering, sangrai beras/kacang hijau tersebut sampai warnanya berubah. Memang agak merubah rasa, tapi ini untuk memudahkan pada saat akan dimakan nanti
  4. Blender dengan menggunakan blender kecil, bukan blender yang untuk ngejus. Kalo ga salah namanya drymill
  5. Karena kemungkinan hasilnya ga terlalu halus, baiknya sih disaring lagi.
  6. Setelah disaring, simpan di toples rapat lalu masuk kulkas. Insha Allah tahan sampai 2 minggu.
Dan saat anak mau makan, 
  • masak air sampai mendidih, 
  • campurkan dengan tepung beras, masak hingga tepung dan air menyatu. 
  • Matikan kompor, campur asip dengan bubur beras.
  • Tunggu sampai tidak terlalu panas, hidangkan :)

Selamat mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar